Kamis, 08 September 2011

NASIONALISME DAN BELA NEGARA

Tahukah anda, bahwa nasionalisme tidak tergantung pada ras, bahasa dan agama. Hal ini menurut Ernest Renan (Sarjana Perancis, 1823 – 1892). Sebagai contoh, China dan Jepang, mempunyai ras sama-sama kuning, negaranya berbeda, masing-masing membentuk bangsa China dan Jepang, serta tidak ingin menyatukannya. Belgia, sebelah Utara berbahasa Belanda, sebelah Selatan berbahasa Perancis, tetapi mereka adalah bangsa Belgia. Swiss, sebelah Utara berbahasa Jerman, sebelah Barat berbahasa Perancis, sebelah Selatan berbahasa Italia. Ketiga bahasa tersebut diakui sebagai bahasa resmi. Amerika, banyak sekali ras, bahasa, & agama. Di Timur Tengah, Mesir dan Maroko, sama-sama berbahasa Arab dan bahkan sebagian besar beragama Islam, tetapi mereka membentuk bangsa sendiri-sendiri.

Tahukah anda, keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara, diselenggarakan melalui pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia secara sukarela atau secara wajib, dan pengabdian sesuai dengan profesi.

Harian Bernas Jogja, 21 Juni 2011

Ingin tahu lebih banyak tentang Nasionalisme dan Bela Negara? Silakan baca lebih lengkap dengan mendownload materi Nasionalisme dan Bela Negara yang merupakan materi ceramah saya untuk Calon Perwira Remaja lulusan AAU Tahun 2011 di Gedung Sabang Merauke AAU, Yogyakarta, tanggal 22 Juni 2011. Materi ini terbagi dalam dua file (silakan langsung di klik link berikut ini) : DOWNLOAD : Nasionalisme dan Bela Negara Bag. I (pdf) dan DOWNLOAD : Nasionalisme dan Bela Negara  Bag. II (pdf).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar