Senin, 12 September 2011

MENINGKATKAN WAWASAN BELA NEGARA DI TENGAH PERMASALAHAN KEDAULATAN NKRI

Tahukah anda, sejarah bicara, Uni Soviet runtuh pada usia 70 tahun, Yugoslavia hancur pada usia 45 tahun, dan sejarah akan membuktikan, bagaimana dengan Indonesia masa depan yang tahun 2011 ini telah berusia 66 tahun.

Tahukah anda, menurut Emille Durkheim (Doyle P Jhonson; 1985) kesadaran kolektif adalah perasaan individu sebagai anggota suatu kelompok (negara) dan karena kesadarannya itu individu bertanggung jawab untuk melakukan apa yang dituntut oleh kelompoknya (negaranya). Sedangkan kita ketahui, bahwa Nasionalisme Primordial itu menunjukkan adanya kecenderungan kesetiaan rakyat tertuju kepada kerajaan, kedaerahan, golongan, kesukuan, dan agama. Dan Nasionalisme Modern itu menunjukkan adanya kesetiaan kepada Cita-cita Nasional dan Tujuan Nasional, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Kedaulatan Rakyat, 22 November 2010

Ingin tahu lebih banyak tentang MENINGKATKAN WAWASAN BELA NEGARA DI TENGAH PERMASALAHAN KEDAULATAN NKRI? Silakan baca lebih lengkap dengan mendownload materi Meningkatkan Wawasan Bela Negara di Tengah Permasalahan Kedaulatan NKRI yang merupakan materi ceramah saya dalam Workshop Nasional Bela Negara UKM Resimen Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, tanggal 20 November 2010. Materi ini silakan langsung di klik link berikut ini : DOWNLOAD : MENINGKATKAN WAWASAN BELA NEGARA DI TENGAH PERMASALAHAN KEDAULATAN NKRI (pdf).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar